Tips Bunda dalam Menyiapkan Jus Buah Tersehat untuk Si Kecil

Jus buah adalah alternatif sehat untuk soda dan minuman bersoda populer lainnya, dan anak-anak dapat memanfaatkannya. Buah-buahan kaya akan serat, vitamin dan mineral yang menjadi lebih mudah tersedia bagi sel-sel tubuh ketika mereka dalam bentuk jus. Membuat jus adalah cara yang sehat untuk memperkenalkan buah dan sayuran yang akan ditolak anak-anak.




Ada begitu banyak kemungkinan kombinasi buah dan sayur. Mereka bisa dibuat menjadi minuman nikmat yang penuh nutrisi. Mencampur bahan adalah salah satu cara paling efektif untuk meningkatkan variasi nutrisi yang dikonsumsi anak.


Namun, buah-buahan juga kaya gula dan kalori, dan asupan jus buah yang tidak diatur dan sembarangan dapat menimbulkan konsekuensi kesehatan yang serius. Ada cara untuk memastikan bahwa anak Anda meminum jus buah yang sehat yang tidak membuat mereka berisiko mengalami obesitas dan penyakit yang berpotensi fatal seperti diabetes melitus dan penyakit kardiovaskular. Berikut panduan bagi para ibu yang ingin memberikan pengasuhan terbaik bagi anaknya.


Katakan tidak pada gula berlebih


Namun, para orang tua seringkali lupa bahwa beberapa jus favorit anak-anak mereka seperti jus apel dan jus jeruk juga mengandung gula yang tinggi. Asupan buah yang terlalu banyak dengan kandungan karbohidrat dan kalori yang tinggi dapat menyebabkan bertambahnya berat badan pada anak. Dalam hal ini, pilihan terbaik untuk diambil adalah memetik buah beri. Kandungan karbohidrat buah beri sebagian besar adalah serat. Kandungan gula dalam buah beri cukup rendah. Berikut perbandingan kandungan gula buah beri dan buah-buahan lain yang biasa dijadikan minuman jus.


½ cangkir raspberry: 2/7 gram gula

½ cangkir stroberi: 3/5 gram gula pasir

½ cangkir blueberry: 7,4 gram gula

Satu buah pisang (sedang): 14,4 gram gula pasir

Irisan apel (sedang): 18,9 gram gula pasir

½ mangga: 23,0 gram gula


Katakan ya untuk serat


Dengan juicer yang tepat, jus buah buatan sendiri akan lebih tinggi seratnya. Alih-alih membeli jus buah dari supermarket, belilah buah segar yang sedang musim, dan proses buah dalam juicer alih-alih menggiling ampasnya sampai halus.


Anak-anak Anda akan mendapatkan serat sebanyak yang mereka butuhkan dan Anda bahkan dapat memasukkan sayuran hijau yang biasanya dilemparkan anak-anak Anda di sekitar piring mereka saat Anda menyajikannya secara normal. Pembuat jus yang baik akan memungkinkan Anda memasukkan produk bergizi yang tidak disukai anak-anak (misalnya bit) ke dalam jus buah mereka dan mereka bahkan tidak perlu mengetahuinya.


Jus buah untuk dicoba


Berikut adalah beberapa jus paling sehat yang mungkin ingin Anda coba untuk disajikan pada anak Anda pada kudapan berikutnya. Jus buah delima adalah salah satu yang paling bergizi karena sifat antioksidannya, selain vitamin dan mineral esensial. Berhati-hatilah untuk tidak menyajikan gelas yang terlalu besar, dan hanya membuat satu gelas sehari, karena buah delima mengandung gula yang tinggi. Runner-up adalah jus anggur merah dan jus cranberry.

LihatTutupKomentar